Selasa, 27 September 2011

Masalah Rokok dalam Kehidupan Sehari-hari


Rokok. Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya rokok? Dari anak-anak sampai orang dewasa pun tahu yang namanya rokok. Kenapa rokok begitu populer di Indonesia, hingga hampir di jadikan kebutuhan primer bagi para pemakainya? Mengapa mereka tidak memikirkan bahayanya rokok untuk kehidupan di masa depan?

Seperti kita tahu bahwa rokok telah menjamur dimana-mana. Setiap warung pasti menjual yang namanya rokok dari berbagai merk, mulai dari yang paling murah sampai yang mahal. Apakah kita menyadari, bahwa semakin mudah dan murahnya untuk mendapatkan rokok, maka semakin banyak pula orang yang membeli dan memakai rokok, sehingga tidak heran jika anak-anak yang masih sekolah dasar pun sudah ketagihan dengan rokok. Mereka belum tahu apa sih bahaya rokok itu sesungguhnya. Yang mereka tahu hanya rasa nikmat dan rasa ketagihan yang membuat mereka ingin mencobanya terus-menerus. Bahkan ada yang berbohong meminta uang pada orang tua, meminjam uang, sampai mencuri hanya untuk mendapatkan sebatang racun tersebut.

Sebenarnya rokok juga punya pengaruh positif disamping pengaruh negatifnya. Contohnya saja bisa meningkatkan pendapatan negara lewat pajak bea cukai rokok. Begitu banyaknya merk rokok yang di jual di Indonesia. Coba saja kita bayangkan, jika pajak bea cukai 1 batang rokok sekitar Rp.10,-, maka jika dalam sehari terjual 5.000.000  batang rokok, berapa uang yang dihasilkan hanya oleh rokok?


Namun meskipun dapat membantu meningkatkan pendapatan negara, rokok lebih cenderung merusak masa depan bangsa. Mengapa demikian? Didalam rokok terdapat banyak sekali bahan kimia dan racun berbahaya. Bahkan dalam sebuah tulisan yang saya dapatkan dari media internet, bahwa terdapat 4000 bahan kimia dan 400 racun dalam rokok. Sangat fenomenal. Disamping menghisap nikmatnya rokok, kita tidak pernah tahu bahwa sekian banyak racun dan bahan kimia yang masuk dan merusak tubuh kita. Bahaya racun dan bahan kimia tersebut jika terus menerus mengndap dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit kanker, impotensi, radang paru-paru dan otak, dan masih banyak lagi. Dan coba bayangkan jika generasi kita sudah mulai mencoba rokok sejak usia dini, bagaimanakan masa depan mereka? Dan bukan hanya mereka, orang yang berada di sekitar mereka pun ikut merasakan dampaknya menghirup asap pembuangan dari rokok yang justru lebih membahayakan.


Ini merupakan masalah serius di negeri ini. Sebaiknya pemerintah mencari solusi yang lebih efektif untuk menangani masalah rokok ini. Jangan hanya melarang masyarakat untuk merokok di tempat umum saja. Tapi larang juga penggunaan rokok di negeri ini. Jangan tergiur dengan besarnya pendapat negara yang di dapat dari rokok, tapi pikirkan masa depan generasi kita. Jika negeri ini ingin menjadi maju oleh generasi muda generasi muda Indonesia, maka hentikanlah produksi dan import rokok mulai sekarang. Seperti kata orang bijak, cabutlah jamur dari akarnya. Begitu pula dengan rokok. Jika cara tersebut masih kurang efektif untuk dilakukan, sebaiknya pemerintah membuat undang-undang khusus tentang rokok yang didalamnya membatasi usia orang yang diperbolehkan merokok, dan membuatkan sarana untuk para perokok yang ingin merokok di tempat umum, baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Baiklah demikian ulasan yang saya buat tentang pengaruh rokok dan dampaknya. Semoga artikel ini bermanfaat kelaknya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar